Tri Raharjo: Ada Tiga Hal Yang Harus Diperhatikan Para Pemilik Brand Yang Ingin Lakukan Inovasi!

Lahirnya era digital saat ini dan semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, hal tersebut tentunya menjadi pemicu banyak brand-brand lama untuk melakukan inovasi secara aktif agar tetap mampu bersaing.

Tri Raharjo, Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia menegasakan Inovasi merupakan suatu penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Inovasi yang tepat adalah inovasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Ketika inovasi tersebut dibutuhkan oleh pasar, akan memudahkan dalam melakukan penetrasi sebuah produk.

Inovasi di era digital ini, menurut saya inovasi yang memudahkan pelanggan mendapatkan produk dan layanan yang baik. Inovasi harus mengacu kepada kebutuhan konsumen dan memudahkan konsumen” Ujar Tri.

Kemunculan digital inovasi baru saat ini, bisa juga terjadi karena adanya sebuah kebutuhan akan pasar, “contoh saja dulu kita kalau mau nabung kan harus ke Bank, sekarang diciptakanlah sebuah inovasi nabung lebih mudah dengan menggunakan aplikasi atau contoh lainnya, kalau mau beli tiket pesawat beberapa waktu lalu melalui agent, sekarang sudah sudah bisa dipesan secara online.”

Tri menegaskan, untuk sekarang dan future market kita harus sudah mulai memikirkan ke arah sana (digital), karena sarana pemasaran digital mutlak untuk di lakukan.

Pertama Di Indonesia

Saat ini para pemilik brand sedang melakukan klaim memiliki inovasi pertama Indonesia, tentu akan menjadi pemicu kepercayaan konsumen, sekaligus untuk menegaskan posisinya di tengah peta persaingan bisnis.

“Menjadi brand yang pertama, the first point adalah mendapat nilai positive dimata pelanggan, karena biasanya inovasi yang pertama di Indonesia itu akan lebih mudah diterima market, karena brand tersebut memiliki kekuatan yang lebih dibanding para followersnya, karena dianggap sebagai pioneer.” jelas Tri.

Lalu, inovasi seperti apakah yang menurut Tri merupakan inovasi yang baik untuk dilakukan oleh pemilik brand atau merek ?

Tri menjawab, “Inovasi yang baik adalah inovasi yang bisa diterima oleh pasar, bisa memberikan solusi untuk pelangganya, bisa memberikan revenue yang tinggi terhadap perusahaan. 3 hal itu lah yang harus diperhatikan oleh pemilik brand.”

Add your comment

Your email address will not be published.