Tren Warna 2021: Ultimate Gray & Illuminating

Oleh: Stevanus Satrio A.

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ke dua di tahun 2021, tentunya tahun 2020 merupakan tahun yang penuh dengan cobaan, mulai dari pandemi Covid-19, banjir bandang yang melanda pada awal tahun dan Erupsi Gunung Krakatau yang merenggut banyak nyawa. Dengan pemikiran ini, Pantone merilis tidak hanya satu, tetapi dua warna untuk Color of the Year 2021 yaitu PANTONE 17-5104 Ultimate Gray + PANTONE 13-0647 Illuminating yang diharapkan bisa membawa pesan ketegaran dan harapan selama masa sulit akibat pandemi Corona.

Ini memang telah menjadi tradisi tahunan bagi Pantone sebagai institusi spesialis warna untuk mengumumkan warna yang bakal menjadi tren setahun ke depan. Umumnya mereka akan mengumumkan tren itu pada awal Desember, dimana pada akhir tahun 2019 mereka merilis tren warna untuk 2020, yakni Classic Blue.

Pantone Color Institute telah merilis tugas tahunannya untuk memperkirakan warna yang paling baik untuk tahun berikutnya. Pilihan warna pantone untuk tahun 2021 merupakan sebuah perkawinan warna yang menyampaikan pesan kekuatan dan harapan yang abadi dan menggembirakan.

Dua warna yang bisa dibilang kontras tersebut menggambarkan kehangatan dan optimisme secara bersamaan. Perpaduan trend warna ini diharapkan bisa memberikan pesan positif bahwa akan datang masa yang terang dan menyenangkan.

“Ini adalah kombinasi warna yang berbicara kepada ketahanan, optimisme dan harapan dan kepositifan yang kita butuhkan, saat kita mengatur ulang, memperbarui, menata ulang dan menemukan kembali,” kata Laurie Pressman selaku Vice President dari Pantone Color Institute yang dilansir oleh CNN.

Mengenai arti dari pemilihan tren warna 2021, pada deskripsi yang diberikan di halaman websitenya, Pantone menulis bahwa makna dari kuning Illuminating yang cerah diasosiasikan dengan optimisme dan kegembiraan sedangkan abu-abu Ultimate diharap bisa mendorong ketenangan, kemantapan, dan ketahanan.

Add your comment

Your email address will not be published.