No Brand, Dibuat untuk Konsumen Cerdas

SAAT banyak produsen di berbagai belahan dunia memikirkan brand, ada sebuah produsen di Korea justru label pribadi produknya adalah No Brand. Banyak produk makanan kecil yang dihasilkan, mulai selai, kukis, kopi, cokelat, keripik, hingga tisu, popok bayi sekali pakai, dan cairan pembersih toilet.

No Brand diluncurkan pada tahun 2015 dalam upaya untuk menawarkan produk berkualitas kepada pelanggan dengan harga murah dengan menghilangkan biaya yang timbul dari branding dan pengemasan.

Mereka sadar betul branding merupakan faktor penting yang dapat membantu konsumen membuat keputusan pembelian. Namun faktor penting itu juga memiliki sisi buruk: pengembangan merek dan iklan akan memengaruhi biaya, yang akibatnya menaikkan harga akhir suatu produk.

E-mart demikian produsen No Brand, mengatakan pada hakekatnya mereka ingin membantu konsumen memahami bahwa nilai sesungguhnya adalah pada kualitas produk bukan pada nama brand. Itulah mengapa kemudian mereka meluncurkan tagline: “It’s not about the brand. It’s about the consumer. Your path to becoming a smart consumer.”

Dengan cara meminimalkan desain kemasan, berakibat produk-produk No Brand jauh lebih murah daripada produk-produk merek nasional. Bahkan  dengan selisih harga terbesar 67 persen. Produk-produk E-Mart’s No Brand semakin populer karena konsumen mencari cara untuk menyelamatkan dalam ekonomi yang bermasalah.

Kini lini produk mereka semakin banyak. Sekadar informasi pada saat diluncurkan mereka memiliki 199 produk mulai dari keripik kentang hingga baterai, notebook, tisu dll.

Anda tentu saja sudah paham bahwa tidak mungkin memiliki produk tanpa merek karena merek sebenarnya bukan branding (logo, pesan, dll.) Branding adalah apa yang diingat konsumen tentang produk atau layanan. Merek “No Brand” ini tidak dikecualikan.

Meskipun E-mart sudah memiliki merek toko sendiri dan secara fisik tidak mencap nama mereka pada produk-produk tanpa merek ini, kemasan kuning tua yang merupakan warna tanda tangan pengecer dan wajah kecil yang tersenyum di sebelah kata “No Brand” meyakinkan bahwa produk ini bagus untuk dibeli dengan dukungan janji E-mart. (RH)

koreaherald.com/brandinginasia.com/tronviggroup.com/http://koreajoongangdaily.joins.com

Add your comment

Your email address will not be published.