Lima Cara Cermat Kembangkan Bisnis Tanpa Iklan

Kembangkan bisnis tanpa iklan, apakah mungkin? Sebuah pertanyaan menggelitik bagi para pelaku usaha dan marketer khususnya yang bersinggungan dengan area promosi.

Mengembangkan bisnis maka harus beriklan rasanya sudah menjadi rumus pasti di kalangan pebisnis saat ini. Sama halnya seperti doktrin membuka usaha dimana harus disertai dengan modal. Padahal sudah ada beberapa bukti dari para pelaku bisnis yang mematahkan stigma bahwa bisnis tak melulu bicara modal. Sama seperti itu, agar bisnis bisa berkembang pun tak melulu harus dengan iklan.

Kalau Tidak Beriklan, Strategi Apa yang Bisa Membantu Kembangkan Bisnis?

Mengembangkan bisnis tanpa iklan rasanya tidak masuk akal. Namun nyatanya, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk memajukan bisnis tanpa harus menggunakan iklan. Bagaimana caranya?

Lima cara cermat kembangkan bisnis tanpa iklan berikut ini mungkin tak pernah terpikir oleh Anda. Mari simak dan pelajari tipsnya.

Fokus pada Hal-Hal Kecil dan Mendetail

Banyak startup atau pemula dalam berbisnis sukses dengan mulai memperhatikan hal kecil dan mendetail. Karena sebagian dari mereka tidak memiliki kekuatan untuk menjangkau masyarakat luas.

Mereka harus fokus pada orang-orang yang tertarik dan mendengarkan kritik atau saran yang disampaikan oleh konsumen akan produk yang Anda tawarkan. Karena produk masih dalam tahap perancangan, berbicara dengan pengguna dan melakukan riset pasar juga tak boleh dilupakan.

Dengarkan Masukan dan Permintaan Pelanggan

Dengarkan pelanggan Anda! Cari tahu apa yang mereka inginkan dan berusahalah untuk memenuhinya. Ketika mendapatkan masukan atau permintaan khusus dari konsumen, maka dengarkan baik-baik dan segera tindaklanjuti agar konsumen tertarik dan melakukan transaksi pembelian.

Tapi dengan begitu jangan lantas Anda mematok harga tinggi lantaran Anda merasa sudah bisa memenuhi permintaan pelanggan. Tetap tawarkan produk Anda dengan harga terjangkau.

Dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, sudah pasti Anda tak perlu beriklan untuk bisa menarik banyak pelanggan.

Manfaatkan Kekuatan Word of Mouth

Reputasi sebuah produk memang kebanyakan dibangun melalui iklan. Tapi ada hal yang lebih kuat dari pada iklan, yakni ‘Word of Mouth‘ atau kekuatan rekomendasi dari mulut ke mulut. Apabila produk Anda sudah bisa mendorong hal ini di kalangan pelanggan, maka merek Anda dapat besar tanpa perlu beriklan.

Tapi bagaimana caranya agar pelanggan mau merekomendasikan merek Anda? Jawabannya adalah dengan memberikan pengalaman yang “wah” kepada pelanggan.

Jika Anda bisa menghasilkan produk dan memberikan pelayanan yang mampu membuat kesan pertama yang “wah” pada konsumen, maka tanpa beriklan pun mereka akan kembali melakukan transaksi. Bahkan mereka dengan suka rela menceritakan kepuasannya kepada keluarga dan teman-temannya. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda kalangan pebisnis, sehingga tidak perlu mengeluarkan modal untuk beriklan.

Ikuti Tren yang Sedang Happening

Setiap jenis bisnis pasti memiliki trennya sendiri-sendiri. Tapi tak semua produk peka dan jeli menangkap tren tersebut dengan baik. Padahal dengan mengikuti tren yang ada, produk  Anda akan lebih mudah booming dan dikenal pelanggan. Karena dengan mengikuti tren, produk Anda pun dianggap tak ketinggalan zaman dan selalu up-to-date.

Keep Loyal Customers

Terciptanya kepuasan dan loyalitas para konsumen, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan sebuah usaha. Apabila konsumen mendapatkan kepuasan dari produk yang Anda pasarkan, bisa dipastikan bila mereka akan melakukan pembelian ulang di masa-masa yang akan datang.

Itu dia lima cara cermat untuk kembangkan bisnis tanpa iklan yang sangat mudah dilakukan untuk semua pelaku usaha. Semoga bermanfaat.

Add your comment

Your email address will not be published.