Belajar Brand Identity dari Film James Bond

TIDAK ada film yang sangat dinanti kemunculannya selain James Bond 007. Kehadirannya yang ajeg mampu mengikat emosi penonton. Pada 8 April 2020, film ke 25 James Bond 007 bakal dirilis dengan judul No Time to Die yang masih dibintangi oleh Daniel Craig. Dia telah membintangi film ini sebanyak lima kali. Isunya tetap sama, penyelamatan. 007 kali ini akan menyelamatkan ilmuwan yang diculik.

Apa yang kita pelajari dari konsistensi film ini dari sisi brand identity? Seorang Brand Consultant

Budi P. Kartono menuliskan ada empat bagian dari brand identity James Bond;

  1. Misi

Misi merupakan hal yang penting sehingga konsumen tahu bagaimana merek mencapai tujuannya. Pendeknya, sama dengan cita-cita. Kemudian apa misi dari James Bond? jelas saja, menyelamatkan dunia agar berjalan baik, aman, dan teratur. Bersyukur jika merek ini punya misi mulia karena akan dihargai dan dicintai konsumen. Bahkan bisa memunculkan die hard fans.

  1. Fungsi

James Bond mempunyai kemampuan yang extra ordinary: berani mengambil risiko, terus berjuang, cerdas, terampil, fisik yang kuat, keahlian bela diri, dan senjata. Inilah yang membedakan dia dengan jagoan-jagoan yang lain. Menjadi berbeda itu sangat penting.

  1. Personalitas

Layaknya manusia, merek juga harus mempunyai kepribadian sehingga mudah dicintai oleh konsumennya. James Bond, punya personalitas yang kuat. Salah satunya harus sangat Inggris. Sangat Inggris bisa diterjemahkan dengan bahasa, aksen, nada, dan gayanya adalah “Great Britain”. Dia juga mempunyai kepribadian yang penuh misteri, berani, charming, menyukai wanita cantik dan seksi, penuh karisma, bertanggung jawab, berwibawa, percaya diri, dewasa dan menyenangkan.

  1. Atribut

Semua atribut yang bisa dilihat dari bentuk/desain, kemasan, logo, warna, musik, simbol, dan asosiasi akan memperkuat fungsi dan peronalitas merek. Budi P. Kartono mengingatkan pemilihan attributes harus selalu konsisten sehingga tidak menimbulkan “brand confusion”. Identitas James bond dapat kita ingat lewat berbagai atributnya seperti tuksedo oleh Tom Ford, mobil Aston Martin DB10, Heineken Beer, arloji Omega Seamaster, gawai terkini nan canggih, logo 007, atau James Bond theme song.

sumber:

  1. https://www.007.com/
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/No_Time_to_Die_(film_2020)
  3. https://marketing.co.id/brand-identity-james-bond-007/

Add your comment

Your email address will not be published.