Empat Alasan Perlu Rebranding

BARU saja, salah satu dari tiga unicorn Indonesia, Gojek mengubah logo. Logo baru itu dinamakan dengan Solv. Solv memiliki makna memberikan solusi kebutuhan sehari-hari konsumen. Dari awal berdirinya pada 2010, Gojek sudah mengalami perubahan dari yang sebelumnya hanya layanan transportasi. Kini Gojek telah menjadi super-app. Super-app dengan lebih dari 20 layanan. Evolusi dari layanan ride hailing, menjadi ekosistem yang menggerakan orang, barang, dan uang. Layanan ini pendeknya mempermudah aktivitas sehari-hari penggunanya.

Nadiem Makarim, pemilik sekaligus pendiri menegaskan perubahan logo Gojek ini mewakili ekosistem mereka. “Logo ini melambangkan satu tombol untuk semua. Di lain pihak, lingkaran di logo baru ini mewakili ekosistem Gojek yang semakin solid memberikan manfaat untuk semua.”

Dia menambahkan, “Logo ini mewakili semangat kami untuk selalu menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi para pengguna untuk hidup yang lebih mudah bagi konsumen, untuk akses pendapatan tambahan yang lebih luas bagi mitra, untuk peluang pertumbuhan bisnis yang pesat bagi para merchant, dan masih banyak lagi.”

Mengapa perusahaan melakukan branding? Pertama-tama ketahui apa yang tujuan rebranding. Rebranding adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit

Ada beberapa alasan perusahaan melakukan branding:

  1. Perubahan misi perusahaan

Hal pertama yang muncul pastilah misi yang telah berubah. Misi yang baru akan lebih mudah disosialisasikan jika melakukan rebranding. Tanpa rebranding, pelanggan atau orang awam bahkan akan melihat brand lama sangat lekat.

Contohnya saja merek fashion Burberry. Merek ini dulunya dianggap sebagai gang wear atau pakaian yang digunakan oleh anak-anak jalanan. Sekarang, Burberry dikenakan oleh wanita-wanita termahal di dunia seperti Kate Moss atau Emma Watson.

  1. Target pasar yang berubah

Target atau sasaran Anda menua seiring dengan brand Anda. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, dan ingin mendapatkan potensi pelanggan baru lakukan saja rebranding dengan secepat kilat.

  1. Adanya produk baru

Ada produk baru yang benar-benar berbeda dari sebelumnya. Terutama bila produk Anda tidak cocok dengan pasar yang sekarang. Ini juga membutuhkan rebranding.

  1. Kompetitor selalu kelihatan di depan

Jika Anda berpikir dan menganalisa kompetitor selalu di depan, inilah saatnya rebranding. Periksa juga langkah kompetitor Anda dalam membuat strategi pemasaran baik berbasis internet atau offline. (RH)

Sumber :

cnbcindonesia.com/marketing.co.id/progresstech.co.id/net.detik.com

Add your comment

Your email address will not be published.